Jumat, 16 Oktober 2015

Product Plan

1.      The Framework of Business Thinking

1.      Aplikasi FBT terhadap gagasan Produk/Bisnis
Pengaplikasian pola kegiatan usaha/industri pada Bisnis Catering Healthy Diet ini adalah sebagai berikut :
A.     PLAN
I.       Plan in the long run
a.IDEA
Saat ini gaya hidup sehat sedang menjadi life style baik dikalangan remaja maupun dewasa. Contohnya saat ini sedang trend gerakan Indonesia makan sayur dan infused water. Selain dari kesadaran akan pentingnya asupan makanan yang sehat, bidang olahraga pun sedang menjadi life style, seperti zumba, yoga, pilates, thai boxing dan lain-lain.
Bagi sebagian orang hal tersebut tidak mudah dilakukan, karena kesibukan bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan program diet atau berolahraga. Oleh karena itu, saya memiliki ide untuk membuat bisnis jasa catering dengan menggunakan metode diet yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Bisnisnya yaitu menyediakan makanan (menu sehat) sesuai dengan peraturan dari program diet yang diambil, juga memberikan pelayanan konsultasi berat badan dan delivery service.
b.      Product Idea
Bisnis Jasa Catering Healthy Diet ini adalah jasa yang menyediakan menu diet dengan metode “Diet Mayo”. Diet Mayo adalah system diet yang baik bagi kesehatan tubuh kita, diet ini dapat menurunkan berat badan 5-8kg selama 13 hari. Pantangan diet ini cukup mudah, hanya mengurangi bahkan menghindari makanan yang mengandung garam.

Healthy diet ini mempunyai 2 ide produk, yaitu :
1.      Healthy Diet “Diet Mayo”
Produk ini menyediakan menu makan siang dan menu makan malam selama 13 hari untuk pelanggan. Menu nya berdasarkan dari program diet mayo tetapi disini diberi inovasi pada menunya agar pelanggan tidak bosan dan tetap menikmati makanan yang disajikan. 

2.      Maintenance Meal
Produk ini menyediakan menu untuk menjaga berat badan yang telah dicapai. Maintenance meal ini juga bagus untuk workaholics yang tidak memiliki waktu untuk membuat atau mendapat asupan makanan yang sehat. Untuk Maintenance Meal ini 1 paket berupa makan siang dan makan malam.

c.    R&D
-          Man
Perencanaan untuk tenaga kerja membutuhkan 2 orang chef, 4 orang asisten, 2 orang admin dan  4 orang transporter.

-          Money
Modal awal yang digunakan pada bisnis ini adalah modal sendiri dan modal pinjaman dari pihak ketiga.

-          Material
Material yang digunakan adalah bahan-bahan seperti sayuran, ikan, ayam, telur ayam , buah-buahan, dan lain-lain.




d.Product Design
-          Menu Makanan
Perencanaan untuk menu makanan berdasarkan dari Diet Mayo, hanya dikombinasinya dan diberi inovasi agar berbeda dan lebih disukai oleh pelanggan. Penggunaan bahan-bahan yang baik seperti sayuran segar, daging segar, ayam segar, buah-buahan segar dan lain-lain. Metode desain untuk makanan selain inovasi rasa, makanan juga disajikan dengan menampilkan kombinasi warna dari sayuran agar terlihat menarik.

-          Packaging
Selain tampilan desain makanan yang menarik, packaging juga dibuat menarik. Konsep design yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah Design for Production (DFP). Dengan membuat design box makanan dengan bahan yang aman serta desain yang menarik dan inovatif. Selain itu pula dilengkapi dengan tas khusus untuk tempat box makanan, agar makanan aman sampai ditangan pelanggan. Selain itu juga packaging yang baik merupakan value added untuk produk itu sendiri.

e.    Product Manufacturing & Facilities
Produk yang di produksi adalah makanan dengan menu yang telah ditentukan. Fasilitas produksi dalam hal ini adalah workshop atau dapur dengan perlengkapan machine atau alat-alat dapur. Beberapa peralatan dapur yaitu : microwave, kompor gas, oven, mixer, blender, kulkas, freezer, panci, wajan, pisau potong, pisau daging, talenan, Juicer, Presto, Sendok sayur, Parutan, dan lain-lain.
Selain fasilitas, sebelum masuk ketahap pelaksanaan kita harus melakukan dulu Pilot Plan. Dalam hal ini Pilot Plan dilakukan di dapur oleh chef berdasarkan pengetahuan dari ahli gizi mengenai komposisi makanan yang digunakan. Disini chef trial and error untuk menciptakan makanan yang rasanya enak sampai akhirnya layak untuk ditawarkan kepada konsumen.



f.     Plant Service Design 
II.    Plan In The Short Run
Product and Planning Control
Sebelum pelaksanaan dilakukan, kita harus memastikan ketersediaan bahan dan mengkontrol kualitas dari bahan-bahan yang akan digunakan.
-          Produk menu makanan
Untuk makanan sebelum pelaksanaan dilakukan maka harus memastikan ketersediaan bahan-bahan yang akan digunakan, selain itu juga memastikan persediaan bahan yang ada kualitasnya masih baik, fresh dan aman untuk dikonsumsi. Hubungan dengan vendor yang memasok bahan-bahan pun harus dijaga agar selalu mendapatkan kualitas barang yang baik.

-          Packaging
Packaging disiapkan sebagai pendukung untuk pengiriman makanan, mengkontrol ketersediaan packaging juga memperhatikan bahan yang digunakan.

A.     DO
Execution
Produk Healthy Diet pelaksanaannya dilakukan ketika jumlah pelanggan yang memilih produk ini sudah mencapai kuota yaitu minimal 15 orang dan maksimal 40. Jadi open order dilakukan 2 kali 1 bulan, setelah memenuhi kuota lalu dilakukan pelaksanaan pengiriman produk.
Sementara untuk Produk Maintenance Meal tidak ada kuota untuk pelaksanaanya, pelanggan dapat kapan saja memesan minimal 1 hari sebelumnya. Pelanggan mendapatkan makan siang dan makan malam setiap kali melakukan proses pemesanan produk ini. Setelah proses pemesanan selanjutnya dilakukan proses pelaksanaannya.

B.     CHECK
a.      Evaluasi
Evaluasi dilaksanakan berdasarkan pencapaian dari KPI bisnis. Dimana didalamnya terdapat indicator penilaian untuk segi pelayanan, menu (rasa, tampilan), packaging, dan lain-lain. Hasil dari KPI dapat dilihat apa saja yang harus diperbaiki untuk kedepan agar pelanggan loyal dan puas terhadap produk dan pelayanan dari bisnis catering ini.
b.      Produk
Jenis-jenis Produk Healthy Diet Catering
1.         Healthy Diet
1.         Maintenance Meal
Menu untuk maintenance meal lebih beragam, terdiri dari masakan Indonesia dan western. Contohnya :
Menu diatas akan berubah setiap bulannya agar pelanggan tidak bosan.
a.         Market
Perkembangan usaha jasa catering pada saat ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang serba praktis terhadap pemenuhan kebutuhan pangan pribadi.Tetapi seiring berjalannya waktu sebagian konsumen mulai menyadari akan pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan harian yang sehat.
Segmentasi pasar untuk bisnis ini adalah warga Bandung yang ingin menurunkan berat badan ataupun ingin mencoba memulai hidup sehat tetapi tidak memiliki waktu untuk mengikuti program diet karena sangat sibuk. Maka target pasarnya adalah orang-orang kantoran yang sibuk yang ingin menurunkan berat badan, ibu pasca melahirkan, orang-orang yang kelebihan berat badan, dan tentunya orang-orang yang ingin memulai hidup sehat.

1.      8 Value Attributes for Customers
a.      Cost
Untuk mengikuti program ini pelanggan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, karena sekali membeli produk disini pelanggan mendapatkan makan siang dan makan malam selama 13 hari dan pesanan diantar langsung ke pelanggan.

b.      Quality
Healthy Diet Catering ini sangat memperhatikan kualitas, diantaranya :
1.      Bahan-bahan utama seperti buah, sayuran, ikan, daging dan lain-lain dipasok dari supplier yang terpercaya dengan kualitas barang yang baik.
2.      Rasa dari makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang baik, meskipun tidak menggunakan garam.
3.      Packaging untuk pengiriman makanan menarik, aman dan ramah lingkungan.
c.       Convenience
Konsumen dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai Healthy Diet Catering ini dari website maupun beberapa social media seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain.

d.      Timeliness
Karena pelanggan mengikuti program dari produk yang ditawarkan maka pengiriman makanan sudah mempunyai schedule yang telah ditentukan sehingga pelanggan akan mendapatkan pesanannya tepat waktu.


e.       Personalization
Pelanggan dilayani dengan baik, makanan disajikan dengan menu yang sudah ada pada jadwal selama 13 hari. Selain itu juga pelanggan dapat berkonsultasi secara personal mengenai berat badan dan program diet yang dijalani. Konsultasi dapat dilakukan kapanpun baik sebelum, selama, ataupun sesudah mengikuti program diet. Dengan hal ini pelanggan akan merasa dilayani dengan baik dan special.

f.        Ethical Issues
Produk yang ditawarkan dari bisnis ini tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Karena program diet yang diikuti aman dan baik bagi kesehatan tubuh. Pelanggan pun akan memperoleh hasil yang maksimal jika mengikuti peraturan program diet. 

g.      Style/Fashion
Gaya hidup sehat sedang menjadi trend saat ini baik untuk remaja ataupun dewasa. Produk pada bisnis ini adalah menyediakan makanan dengan menu sehat sesuai dengan program diet mayo selama 13 hari. Jadi, product yang ditawarkan sedang menjadi current style.
h.      Technology
Pemesanan produk ini sangat erat dengan teknologi. Pelanggan mendaftarkan dirinya melalui registrasi online yang terdapat pada website lalu melakukan pembayaran dengan cara transfer dan konfirmasi melalui email. Selain itu juga pelanggan bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai menu-menu baru ataupun pengetahuan kesehatan melalui facebook, instagram atau twitter yang dimiliki oleh bisnis ini. Hal ini secara langsung menuntut pelanggan untuk lebih mengenal teknologi yang praktis.

2.      Pesaing utama bagi Produk/Bisnis.
Pesaing utama adalah beberapa perusahaan catering box yang berada di Kota Bandung, tetapi berbeda dengan yang produk yang dimilki oleh Healthy Diet Catering ini. Selain itu juga di Bandung sudah ada beberapa restoran yang menyajikan makanan sehat atau organik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar