1. The
Framework of Business Thinking
1. Aplikasi FBT terhadap gagasan
Produk/Bisnis
Pengaplikasian
pola kegiatan usaha/industri pada Bisnis Catering
Healthy Diet ini adalah sebagai berikut :
A.
PLAN
I.
Plan in the long run
a.IDEA
Saat
ini gaya hidup sehat sedang menjadi life
style baik dikalangan remaja maupun dewasa. Contohnya saat ini sedang trend
gerakan Indonesia makan sayur dan infused water. Selain dari kesadaran akan
pentingnya asupan makanan yang sehat, bidang olahraga pun sedang menjadi life style, seperti zumba, yoga,
pilates, thai boxing dan lain-lain.
Bagi
sebagian orang hal tersebut tidak mudah dilakukan, karena kesibukan bekerja
sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan program diet atau berolahraga. Oleh
karena itu, saya memiliki ide untuk membuat bisnis jasa catering dengan
menggunakan metode diet yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Bisnisnya yaitu
menyediakan makanan (menu sehat) sesuai dengan peraturan dari program diet yang
diambil, juga memberikan pelayanan konsultasi berat badan dan delivery service.
b. Product
Idea
Bisnis
Jasa Catering Healthy Diet ini adalah jasa yang menyediakan menu diet dengan
metode “Diet Mayo”. Diet Mayo adalah system diet yang baik bagi kesehatan tubuh
kita, diet ini dapat menurunkan berat badan 5-8kg selama 13 hari. Pantangan
diet ini cukup mudah, hanya mengurangi bahkan menghindari makanan yang
mengandung garam.
Healthy diet
ini mempunyai 2 ide produk, yaitu :
1. Healthy Diet
“Diet Mayo”
Produk
ini menyediakan menu makan siang dan menu makan malam selama 13 hari untuk
pelanggan. Menu nya berdasarkan dari program diet mayo tetapi disini diberi
inovasi pada menunya agar pelanggan tidak bosan dan tetap menikmati makanan
yang disajikan.
2.
Maintenance
Meal
Produk
ini menyediakan menu untuk menjaga berat badan yang telah dicapai. Maintenance
meal ini juga bagus untuk workaholics
yang tidak memiliki waktu untuk membuat atau mendapat asupan makanan yang
sehat. Untuk Maintenance Meal ini 1
paket berupa makan siang dan makan malam.
c. R&D
-
Man
Perencanaan
untuk tenaga kerja membutuhkan 2 orang chef, 4 orang asisten, 2 orang admin dan 4 orang transporter.
-
Money
Modal
awal yang digunakan pada bisnis ini adalah modal sendiri dan modal pinjaman
dari pihak ketiga.
-
Material
Material
yang digunakan adalah bahan-bahan seperti sayuran, ikan, ayam, telur ayam ,
buah-buahan, dan lain-lain.
d.Product
Design
-
Menu
Makanan
Perencanaan
untuk menu makanan berdasarkan dari Diet Mayo, hanya dikombinasinya dan diberi
inovasi agar berbeda dan lebih disukai oleh pelanggan. Penggunaan bahan-bahan
yang baik seperti sayuran segar, daging segar, ayam segar, buah-buahan segar
dan lain-lain. Metode desain untuk makanan selain inovasi rasa, makanan juga
disajikan dengan menampilkan kombinasi warna dari sayuran agar terlihat
menarik.
-
Packaging
Selain
tampilan desain makanan yang menarik, packaging juga dibuat menarik. Konsep
design yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah Design for Production (DFP). Dengan membuat design box makanan
dengan bahan yang aman serta desain yang menarik dan inovatif. Selain itu pula
dilengkapi dengan tas khusus untuk tempat box makanan, agar makanan aman sampai
ditangan pelanggan. Selain itu juga packaging yang baik merupakan value added
untuk produk itu sendiri.
e. Product Manufacturing & Facilities
Produk
yang di produksi adalah makanan dengan menu yang telah ditentukan. Fasilitas
produksi dalam hal ini adalah workshop atau dapur dengan perlengkapan machine
atau alat-alat dapur. Beberapa peralatan dapur yaitu : microwave, kompor gas,
oven, mixer, blender, kulkas, freezer, panci, wajan, pisau potong, pisau
daging, talenan, Juicer, Presto, Sendok sayur, Parutan, dan lain-lain.
Selain
fasilitas, sebelum masuk ketahap pelaksanaan kita harus melakukan dulu Pilot Plan. Dalam hal ini Pilot Plan
dilakukan di dapur oleh chef berdasarkan pengetahuan dari ahli gizi mengenai
komposisi makanan yang digunakan. Disini chef trial and error untuk menciptakan
makanan yang rasanya enak sampai akhirnya layak untuk ditawarkan kepada
konsumen.
f. Plant
Service Design
II.
Plan In The Short Run
Product
and Planning Control
Sebelum
pelaksanaan dilakukan, kita harus memastikan ketersediaan bahan dan mengkontrol
kualitas dari bahan-bahan yang akan digunakan.
-
Produk menu makanan
Untuk
makanan sebelum pelaksanaan dilakukan maka harus memastikan ketersediaan
bahan-bahan yang akan digunakan, selain itu juga memastikan persediaan bahan
yang ada kualitasnya masih baik, fresh dan aman untuk dikonsumsi. Hubungan
dengan vendor yang memasok bahan-bahan pun harus dijaga agar selalu mendapatkan
kualitas barang yang baik.
-
Packaging
Packaging
disiapkan sebagai pendukung untuk pengiriman makanan, mengkontrol ketersediaan
packaging juga memperhatikan bahan yang digunakan.
A. DO
Execution
Produk
Healthy Diet pelaksanaannya dilakukan
ketika jumlah pelanggan yang memilih produk ini sudah mencapai kuota yaitu
minimal 15 orang dan maksimal 40. Jadi open order dilakukan 2 kali 1 bulan,
setelah memenuhi kuota lalu dilakukan pelaksanaan pengiriman produk.
Sementara
untuk Produk Maintenance Meal tidak ada kuota untuk pelaksanaanya, pelanggan
dapat kapan saja memesan minimal 1 hari sebelumnya. Pelanggan mendapatkan makan
siang dan makan malam setiap kali melakukan proses pemesanan produk ini.
Setelah proses pemesanan selanjutnya dilakukan proses pelaksanaannya.
B. CHECK
a. Evaluasi
Evaluasi
dilaksanakan berdasarkan pencapaian dari KPI bisnis. Dimana didalamnya terdapat
indicator penilaian untuk segi pelayanan, menu (rasa, tampilan), packaging, dan
lain-lain. Hasil dari KPI dapat dilihat apa saja yang harus diperbaiki untuk
kedepan agar pelanggan loyal dan puas terhadap produk dan pelayanan dari bisnis
catering ini.
b. Produk
Jenis-jenis
Produk Healthy Diet Catering
1.
Healthy
Diet
1.
Maintenance
Meal
Menu
untuk maintenance meal lebih beragam, terdiri dari masakan Indonesia dan
western. Contohnya :
Menu
diatas akan berubah setiap bulannya agar pelanggan tidak bosan.
a.
Market
Perkembangan
usaha jasa catering pada saat ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang serba
praktis terhadap pemenuhan kebutuhan pangan pribadi.Tetapi seiring berjalannya
waktu sebagian konsumen mulai menyadari akan pentingnya pemenuhan kebutuhan
pangan harian yang sehat.
Segmentasi
pasar untuk bisnis ini adalah warga Bandung yang ingin menurunkan berat badan
ataupun ingin mencoba memulai hidup sehat tetapi tidak memiliki waktu untuk
mengikuti program diet karena sangat sibuk. Maka target pasarnya adalah
orang-orang kantoran yang sibuk yang ingin menurunkan berat badan, ibu pasca
melahirkan, orang-orang yang kelebihan berat badan, dan tentunya orang-orang
yang ingin memulai hidup sehat.
1. 8 Value Attributes for Customers
a.
Cost
Untuk
mengikuti program ini pelanggan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit,
karena sekali membeli produk disini pelanggan mendapatkan makan siang dan makan
malam selama 13 hari dan pesanan diantar langsung ke pelanggan.
b.
Quality
Healthy Diet Catering ini
sangat memperhatikan kualitas, diantaranya :
1.
Bahan-bahan utama seperti buah, sayuran,
ikan, daging dan lain-lain dipasok dari supplier
yang terpercaya dengan kualitas barang yang baik.
2.
Rasa dari makanan yang disajikan
memiliki cita rasa yang baik, meskipun tidak menggunakan garam.
3.
Packaging
untuk pengiriman makanan menarik, aman dan ramah lingkungan.
c.
Convenience
Konsumen
dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai Healthy Diet Catering ini dari
website maupun beberapa social media
seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain.
d.
Timeliness
Karena
pelanggan mengikuti program dari produk yang ditawarkan maka pengiriman makanan
sudah mempunyai schedule yang telah ditentukan sehingga pelanggan akan
mendapatkan pesanannya tepat waktu.
e.
Personalization
Pelanggan
dilayani dengan baik, makanan disajikan dengan menu yang sudah ada pada jadwal
selama 13 hari. Selain itu juga pelanggan dapat berkonsultasi secara personal
mengenai berat badan dan program diet yang dijalani. Konsultasi dapat dilakukan
kapanpun baik sebelum, selama, ataupun sesudah mengikuti program diet. Dengan
hal ini pelanggan akan merasa dilayani dengan baik dan special.
f.
Ethical Issues
Produk
yang ditawarkan dari bisnis ini tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Karena
program diet yang diikuti aman dan baik bagi kesehatan tubuh. Pelanggan pun
akan memperoleh hasil yang maksimal jika mengikuti peraturan program diet.
g.
Style/Fashion
Gaya
hidup sehat sedang menjadi trend saat ini baik untuk remaja ataupun dewasa.
Produk pada bisnis ini adalah menyediakan makanan dengan menu sehat sesuai
dengan program diet mayo selama 13 hari. Jadi, product yang ditawarkan sedang
menjadi current style.
h.
Technology
Pemesanan
produk ini sangat erat dengan teknologi. Pelanggan mendaftarkan dirinya melalui
registrasi online yang terdapat pada website lalu melakukan pembayaran dengan
cara transfer dan konfirmasi melalui email. Selain itu juga pelanggan bisa
mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai menu-menu baru ataupun
pengetahuan kesehatan melalui facebook, instagram atau twitter yang dimiliki
oleh bisnis ini. Hal ini secara langsung menuntut pelanggan untuk lebih
mengenal teknologi yang praktis.
2. Pesaing utama bagi Produk/Bisnis.
Pesaing
utama adalah beberapa perusahaan catering box yang berada di Kota Bandung,
tetapi berbeda dengan yang produk yang dimilki oleh Healthy Diet Catering ini. Selain itu juga di Bandung sudah ada
beberapa restoran yang menyajikan makanan sehat atau organik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar