Produk/Bisnis
(barang/jasa) : Jasa Catering Healthy
Diet
1. Karakteristik Produk/Bisnis
-
Menu yang ditawarkan adalah menu diet
sehat.
-
Menggunakan program diet “diet mayo”
yaitu diet tanpa garam.
-
Menggunakan bahan-bahan yang fresh,
sehat, alami serta tanpa bahan pengawet.
-
Pengiriman dengan sistem delivery service dengan schedule healthy diet yang diikuti atau
bisa pick up langsung pesanan.
-
Order berupa paket healthy diet selama 13 hari. Open
order dilakukan 2 minggu sekali atau per 14 hari.
-
Memiliki pelayanan konsultasi untuk
produk.
2. Faktor-faktor Produksi (input yang
digunakan)
-
Money
Modal awal yang digunakan pada bisnis
ini adalah modal sendiri dan modal pinjaman dari pihak ketiga.
-
Man
Tenaga kerja yang dimiliki adalah 2
orang chef, 2 orang asisten, 2 orang kurir dan 2 orang kurir berasala dari
pihak ketiga (3PL)
-
Material
Kebutuhan bahan pokok nya adalah
sayuran, ikan, ayam, telur ayam , buah-buahan, dan lain-lain.
Kebutuhan bahan pendukung seperti :
bumbu-bumbu penyedap, kecap, saus tomat, olive oil, dan lain-lain
-
Method
Metode yang digunakan untuk proses
produksi makanan healthy diet ini adalah menggunakan metode “Diet Mayo” .
-
Machine
Peralatan umum yang digunakan untuk
kegiatan memasak di lantai produksi (dapur) yaitu : Microwave, kompor gas, oven,
mixer, blender, kulkas, freezer,
panci, wajan, pisau potong, pisau daging, talenan, Juicer, Presto, Sendok
sayur, Parutan, dan lain-lain.
3. Gambaran Umum Proses Produksi
1.
New Strategies in Operations
a. Agile
Manufacturing
Bisnis Catering Healthy Diet ini mempunyai menu-menu yang bervariasi.
Tentunya sajian makanan yang memiliki cita rasa yang enak walaupun tidak
menggunakan garam, serta tetap menjaga nilai gizi dari menu-menu tersebut
karena untuk memenuhi kebutuhan dari pencapaian penurunan berat badan.
Inovasi-inovasi selalu dilakukan untuk membuat menu-menu baru agar pelanggan
tidak bosan.
b. Mass
Customazion
Bisnis ini mampu menyesuaikan keinginan
dan kebutuhan dari pelanggan yang bermacam-macam. Mampu menyajikan apa yang diharapkan
dari pelanggan dengan membuatkan menu diet yang tidak hanya sehat tetapi juga
rasanya enak serta komposisi menu nya yang mengenyangkan.
c. Environmental
Concern
Menu yang ditawarkan pada bisnis ini
serba sehat, terdiri dari bahan-bahan alami dan organik serta tanpa bahan
pengawet. Pengemasan makanan dan minuman nya pun aman dan steril serta ramah
lingkungan.
2.
New Operations Themes
a. Service
and Manufacturing
Sistem pelayanan yang diguanakan
diantaranya adalah delivery service
dan konsultasi kesehatan. Produk diproduksi sendiri dan disampaikan langsung ke
konsumen.
b. Continuous
Improvement
Selalu melakukan perbaikan-perbaikan
yang berkelanjutan baik dari segi pelayanan maupun segi produk yang ditawarkan
terutama menu makanan yang bervaria sehingga pelanggan tidak bosan.
c. Environmental
Concern
Produk yang ditawarkan pada bisnis ini serba sehat,
terdiri dari bahan-bahan alami dan organic serta tanpa bahan pengawet.
Pengemasan makanan dan minuman nya pun aman dan steril serta ramah lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar