Jumat, 16 Oktober 2015

Define Product

Produk/Bisnis (barang/jasa) : Jasa Catering Healthy Diet
1.      Karakteristik Produk/Bisnis
-          Menu yang ditawarkan adalah menu diet sehat.
-          Menggunakan program diet “diet mayo” yaitu diet tanpa garam.
-          Menggunakan bahan-bahan yang fresh, sehat, alami serta tanpa bahan pengawet.
-          Pengiriman dengan sistem delivery service dengan schedule healthy diet yang diikuti atau bisa pick up langsung pesanan.
-          Order berupa paket healthy diet selama 13 hari. Open order dilakukan 2 minggu sekali atau per 14 hari.
-          Memiliki pelayanan konsultasi untuk produk.

2.      Faktor-faktor Produksi (input yang digunakan)
-          Money
Modal awal yang digunakan pada bisnis ini adalah modal sendiri dan modal pinjaman dari pihak ketiga.

-          Man
Tenaga kerja yang dimiliki adalah 2 orang chef, 2 orang asisten, 2 orang kurir dan 2 orang kurir berasala dari pihak ketiga (3PL)

-          Material
Kebutuhan bahan pokok nya adalah sayuran, ikan, ayam, telur ayam , buah-buahan, dan lain-lain.
Kebutuhan bahan pendukung seperti : bumbu-bumbu penyedap, kecap, saus tomat, olive oil, dan lain-lain

-          Method
Metode yang digunakan untuk proses produksi makanan healthy diet ini adalah menggunakan metode “Diet Mayo” .

-          Machine
Peralatan umum yang digunakan untuk kegiatan memasak di lantai produksi (dapur) yaitu : Microwave, kompor gas, oven, mixer, blender, kulkas, freezer, panci, wajan, pisau potong, pisau daging, talenan, Juicer, Presto, Sendok sayur, Parutan, dan lain-lain.



3.      Gambaran Umum Proses Produksi
1.      New Strategies in Operations
a.      Agile Manufacturing
Bisnis Catering Healthy Diet ini mempunyai menu-menu yang bervariasi. Tentunya sajian makanan yang memiliki cita rasa yang enak walaupun tidak menggunakan garam, serta tetap menjaga nilai gizi dari menu-menu tersebut karena untuk memenuhi kebutuhan dari pencapaian penurunan berat badan. Inovasi-inovasi selalu dilakukan untuk membuat menu-menu baru agar pelanggan tidak bosan.

b.      Mass Customazion
Bisnis ini mampu menyesuaikan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan yang bermacam-macam. Mampu menyajikan apa yang diharapkan dari pelanggan dengan membuatkan menu diet yang tidak hanya sehat tetapi juga rasanya enak serta komposisi menu nya yang mengenyangkan.

c.       Environmental Concern
Menu yang ditawarkan pada bisnis ini serba sehat, terdiri dari bahan-bahan alami dan organik serta tanpa bahan pengawet. Pengemasan makanan dan minuman nya pun aman dan steril serta ramah lingkungan.



2.      New Operations Themes
a.      Service and Manufacturing
Sistem pelayanan yang diguanakan diantaranya adalah delivery service dan konsultasi kesehatan. Produk diproduksi sendiri dan disampaikan langsung ke konsumen.

b.      Continuous Improvement
Selalu melakukan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan baik dari segi pelayanan maupun segi produk yang ditawarkan terutama menu makanan yang bervaria sehingga pelanggan tidak bosan.

c.       Environmental Concern
Produk yang ditawarkan pada bisnis ini serba sehat, terdiri dari bahan-bahan alami dan organic serta tanpa bahan pengawet. Pengemasan makanan dan minuman nya pun aman dan steril serta ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar